Gembala dan domba

14 April, 2008 at 6:51 AM (Anekdot) (, , , , )

Gembala dan domba-dombanyaHari Minggu pagi, 13 April 2008 kemarin aku dan istriku menghadiri Misa kedua di Gereja Paroki St. Leo Agung Kalimalang dipimpin oleh Rm. Meus, CSsR. Bacaan-bacaannya berbicara tentang figur seorang gembala (Yoh 10:1-10). Seperti biasa ketika sampai pada homili, aku menyimaknya sambil memejamkan mata supaya bisa berkonsentrasi. Sependengaranku Romo Meus cukup jelas berhomili. “…Gembala yang baik mengenal domba-dombanya. …. dan domba-domba mengenal tuannya…, mereka mengikuti ke manapun sang gembala pergi… dst. dst. …”

Tapiiii… karena badanku saat itu tidak begitu well, tidak terasa aku sempat tertidur! Sayup-sayup terdengar homili diakhiri dengan ajakan untuk mendoakan syahadat (Credo) singkat. “Marilah kita berdiri untuk mengakui iman kita. Saya mengaku….” Dan langsung disambut oleh umat, “kepada Allah Yang Mahakuasa, dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa….” Eiiit… Romo mengoreksi ajakannya, “Aku percaya akan Allah…” dan umat pun melanjutkan pula, “Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi…, dst.” sampai selesai dengan selamat.

Lhaaaaah…! Baru aku tersadar bahwa ajakan yang pertama itu bukan ajakan untuk syahadat, tapi ajakan untuk mohon belas kasih Allah yang biasanya dilakukan pada awal Ekaristi! Hehehe…. kok ya sebagian besar umat tetep menyahut ya? Cuma istriku yang diam, terus menyenggol tanganku sambil menahan senyum.

“Dasar! Makanya kalau misa jangan tidur!” dia berbisik begitu.

Lhoh, kan kita ini domba yang baik toh? Wong mengikuti gembalanya dengan setia.”

Padune turu weee…!

“Hehehe… jadi tadi itu banyak umat yang tertidur juga pa ya? Untung Romo Meus terus mengoreksi, kalau nggak, berarti beliau tertidur juga…”🙂  ***

6 Komentar

  1. sigid said,

    Ha ha, padune cen turu …………..:mrgreen:
    Wah, tanggal 13 kemarin saya malah pulang kampung ke ngGunungkidul mas

  2. Jus.. said,

    walahhhh.h…
    untung mbk Dini ga ikut tidur….:)

  3. dadang said,

    aku njur dadi kelingan greja leo agung….
    sudah pernah berangkat misa….eee..tak tahunya sampai pada bagian berkat penutup. maklum nggak tahu jam mulai misa. Yang jelas, saya tidak ngantuk saat misa, lha wong ora komanan misa.

  4. lyntrias said,

    weleh… lha kok umat leo agung pada ngantuk an

    kabuurrr…

  5. Galih said,

    Lho? ini Romo Kandar ya? Atau saya salah orang? kok beristri?

  6. Kandar Ag. said,

    @Galih: Hehehehe…. gak salah kok. Saya sudah “resign” tahun 2005 lalu.
    Matur nuwun sudah mampir ke sini, moga tidak kapok. Berkah Dalem…. (“,)

Tinggalkan Balasan

