“The Secret” – Book

15 November, 2007 at 8:37 AM (Commentary, Reflection, Spiritualitas, the secret) (, , , , )

What Is The Secret

Anda sudah baca bukunya Rhonda ByrneThe Secret“? Atau malah juga sudah menyimak edisinya dalam format DVD? Salah satu review mengenai buku itu bisa Anda baca dari tulisan Tim Challis.

Sejujurnya saya sendiri belum membacanya secara utuh buku itu!🙂 Baru baca synopsisnya di situs resmi buku itu, tapi sudah pengen komentar! Aneh ya?

Ketika masuk ke kamar salah satu teman di tempat kostnya saya sempat melihat dan mengolak-alik buku berwarna cokla kemerahan dengan hiasan segel merah pada kovernya itu. Teman saya langsung bilang, “Itu buku dari yayangku. Kalau aku belum selesai membacanya, aku belum boleh menelepon dia! Hehehe….”

Jadi penasaran, apa sih gerangan keistimewaan buku edisi bahasa Indonesia yang diterbitkan Gramedia itu? It’s a book of reflection upon the law of attraction theory, or just another book of the new-age exploration’s euphoria? Saya belum berani menilai lebih jauh wong belum rampung membaca!

Tetapi pada intinya saya menyambut positif buku itu karena dia masuk ke wilayah ceruk self-improvement atau self-help book. Kategori ini mengulas lebih dalam mengenai “how to be more human“.

Menariknya kategori ini bagi saya terletak pada kenyataan bahwa manusia adalah makhluk yang tidak habis-habisnya menyediakan ide untuk dieksplorasi: afirmasi dari “kitab-suci” keagamaan tentang martabat manusia rupa-rupanya tidaklah mudah untuk ditelan dan di-“iman”-i begitu saja! Revelasi tentang “rahasia kehidupan” yang diungkap oleh para “leluhur” sejarah umat manusia di jaman dulu mungkin terasa terlalu “naif” atau simple untuk dimengerti. Bahasa orang di era (post-) modern rupa-rupanya memerlukan cara pembahasan yang sesuai dengan konteks jamannya, dan kadang-kadang terkesan kurang puas dengan pernyataan yang terlalu simple! Itulah manusia, makhluk yang belum selesai berevolusi!

Energi (positif dan negatif) menjadi kata kunci dalam buku ini. Manusia menjadi agen (agere – actus, Lat. = melakukan) perubahan yang mampu menyerap dan memancarkannya baik untuk dirinya sendiri maupun untuk semesta di sekitarnya. Sebagai agen yang mempunyai kehendak bebas manusia mampu mengelola energi-energi yang menyelimutinya, sekaligus diapun menerima efek balik dari energi-energi itu karena dia tidak mungkin terlepas dari konstelasi semesta ini. Buku ini, seperti buku-buku serupa, mendidik kesadaran mengenai hal ini: Mulailah berpikir positif, sugesti diri positif, bangunlah mindset positif dan bersyukur atas hidup ini apapun keadaannya.

“Kesuksesan” adalah goal dari pengelolaan energi-energi itu. Entahlah, bagaimana satu kata ini harus dimengerti secara “benar”. Bagaimana harus dikatakan untuk menggambarkan status “sukses sebagai manusia“? Sepertinya ada konsep tertentu di balik kata kesuksesan ini. Terbayang dalam pikiran saya bahwa ada tegangan antara takdir (fate) dengan pilihan bebas, sadar dan bertanggung jawab; sementara itu manusia juga telah mengenali adanya rahmat dan anugerah yang dia terima dari sononya atas keunggulan-keunggulan yang melekat pada martabatnya.

Siapakah sebenarnya manusia itu? Dan kapankah manusia menampakkan keluhurannya sebagai manusia?

As you learn The Secret, you will come to know how you can have, be, or do anything you want. You will come to know who you really are. You will come to know the true magnificence that awaits you in life.” – Rhonda Byrne.

Posting ini bukan promosi lho! Wong saya gak dapet duwit dari situs itu, hehe… 🙂

21 Komentar

  1. nancy said,

    tok..tok..tok
    Saya nonton penulis the Secret diwawancarai Oprah beberapa waktu yang lalu. Interesting, but kind of New Age Philosophy. She is just an ordinary lady with a profound insight.

    hai..hai Kandar, salam Kenal “dari Negeri Ginseng”!!

    NICE BLOG. GOOD IDEA. INSIGHTFUL.

  2. nancy said,

    he..he.. you are Tim Challies Reader too..
    i will blogroll you

  3. sherly said,

    this is a great book, so u must read,dan harus miliki bukunya.salam

  4. “Burung”-ku pengen berkicau! « Kandar for The Good News said,

    […] “The Secret” – Book […]

  5. Indah said,

    Waahh.. “The Secrets” ini emang lagi jadi pembicaraan hangat di mana2 yaa😀 Blm baca bukunya seeh. Kemaren ini mo nonton DVDnya tapi baru bagian awal aja udah males, huehehe.. musti nunggu mood yg tepat :p

    Menariknya buku ini adl covernya, huehehe.. serasa mo baca buku apaan githuu..😀

    Met hari Minggu yaa🙂

  6. Syfa said,

    mmm
    mau donk Flmnya The Secret

  7. Kandar Ag. said,

    Hehehe… DVD “The Secret” bisa di dapat di Ambasador atau Glodok kok. Tapi bajakaaaaan…. 🙂

    Eh, ngomong-omong ada yang ngritik The Secret itu habis-habisan loh! Satu yang aku kenal namanya Thom Rutledge, seorang psychotheraphist. Dia bilang, “The Secret” is poisonous!”. (Baca deh di blog-ku yang lain Natural Wisdom, pada entry mengenai Law of Attraction Quiz). Trus dia bikin situs khusus untuk itu di The Secret Antidote.

  8. dadang said,

    membaca buku the secret, menambah yakin akan yang lebih dari pada buku the secret..more secret..yaitu INJIL..
    minta
    percaya
    menerima…
    baca di Mat 21:22

  9. Kandar Ag. said,

    Tul, Dang!
    Eh, buku “The Secret” ternyata juga sudah ada yang mengkritik secara tajam. Pengritiknya namanya Thom Rutledge dengan tulisan “The Secret Antidote”. Dia bilang, “‘The Secret’ is poisonous!” Baca aja di barisan komentar blog entry-ku yang lain! Klik di sini!

    Merdeka!

  10. Penerbit Abiyah said,

    Hari-hari ini, dunia digemparkan oleh satu filosofi baru (sebenarnya bukan baru, tapi ini dikemas menjadi sesuatu yang baru) yang dilontarkan oleh seorang Penulis bernama Rhonda Byrne dalam bukunya, The Secret. Sudahkah Anda membaca buku THE SECRET?

    Buku ini menginspirasi jutaan orang di dunia dengan teorinya HUKUM GAYA TARIK, bahwa Anda bisa memiliki dan menjadi apa saja (apapun) yang Anda pikirkan! Buku ini secara detail menginspirasi pembacanya begitu dasyatnya Kekuatan Pikiran, dan Anda dengan pikiran Anda adalah Pencipta kehidupan dan masa depan Anda! Orang diajak untuk memikirkan kesehatan, kelimpahan, kemakmuran dan kesenangan hidup dengan cara yang mudah!

    Banyak pertanyaan orang seputar buku The Secret yang tidak bisa dijawabnya!

    Sebagai orang yang ber-Tuhan, apakah kita bisa percaya kepada Tuhan dan juga bisa menikmati kedasyatan Hukum Gaya Tarik itu??

    Sesungguhnya masih ada dan masih banyak hal yang perlu dibicarakan!

    Ya .. There Is More To The Secret! Buku ini mengupas dengan lugas, cantik, komprehensif dan menyeluruh tentang The Secret, dan bagaimana kita sebagai orang yang ber-Tuhan TETAP BISA MENIKMATI kesuksesan, kemakmuran, kelimpahan dan kesejahteraan dengan tetap hidup berkenan di hadapan-Nya dan hidup sesuai dengan rencana-Nya!

    Buku ini akan memperlengkapi dan menyempurnakan cara pikir kita tentang RAHASIA, sehingga kita menjadi orang-orang yang menang dan hidup dalam Rahasia ini! Bahkan, Anda akan dibawa kepada kesimpulan tentang RAHASIA YANG SEJATI, yang akan mencukupkan segala kebutuhan dan menjamin masa depan Anda.

    Buku yang luar biasa, yang sayang untuk dilewatkan!

    Buku ini telah segera terbit mulai 8 April 2008 ———- dan dapat Anda beli di Gramedia, Gunung Agung, Intermedia, Tiga Serangkai, Metanoia, dan toko-toko terdekat di kota Anda.

    THERE IS MORE TO THE SECRET
    ISBN: 978-979-17372-5-8
    Penulis : Ed Gungor

    Terbitan dalam bhs Inggris : Thomas Nelson Edisi Indonesia diterbitkan : Penerbit Abiyah Pratama
    Tanggal terbit : 08 April 2008.

    Buku yang pasti akan memberkati Anda dan mengubah seluruh cara pikir dan kehidupan Anda. Kita bisa tetap setia kepada Tuhan dan menikmati segala kelimpahan di dalam Dia!

  11. andrea said,

    klo gw ngerasa thesecret is one of the most greatest book i’ve ever read,bener2 ngasih influence buat gw do the best lewat pikiran gw..apa lagi org indonesia kudu wajib harus baca buku ini,gausah nyela mulu, biar negaranya maju..kaya amerika tuh nama nya aja the dream country..klo orang indonesia mindsetnya bagus2 pasti negara kita bakal maju

  12. andry said,

    just a simple girl with special kind of life

  13. fian said,

    sebuah buku yang kelihatannya menarik. namun menarik disini bukan berarti menarik sesuatu yang jujur melainkan menarik sebuah kepalsuan daripada filsafat New Age Movement… ada perbedaan antara kekuatan berpikir positif yang berdasarkan pada keyakinan pada tuhan dan pada diri sendiri.. saya setuju buku ini memacu semangat namun sangat melemahkan iman dan kepercayaan pada Tuhan. Jesus Bless You

  14. asri putty said,

    buku yang menggugah dan great banged…sekaqrang aku jadi tau apa yang harus aku lakukkan sekarang….hebat….

  15. annisa said,

    sekarang sich balik lagi ke soal kepercayaan. buku the secret emang membawa positive spirit agar setiap manusia punya semangat dan usaha jika ingin sesuatu untuk dirinya. agama manapun juga pastinya mengajarkan umatnya ke jalan yang baik hanya beda versi aja tiap agama itu cara penyampaiannya. tuhan itu kalau di tanya ada dimana? ya ada di hati. kenapa kita bisa percaya ada tuhan tapi kita belum pernah melihatnya? karena kembali lagi ke hati kita untuk percaya kalau tuhan itu ada. the secret menurut aku bagus kok, kita harus punya semangat, pikiran positif dan usaha serta doa jika kita ingin sesuatu itu terkabul. asalkan satu pesan saya the secret pun bilang jangan sampai kepercayaan kita itu akan buku atau film the secret menyombongkan kita. bahwa kita bisa terkabul keinginan kita karena kita sendiri dan kita nggak butuh tuhan lagi. itu sombong atau takabur namanya. bukan berarti the secret itu mengajak kita untuk merasa diri kita sendiri adalah tuhan yang apa aja kita mau, kita ayang atur, tapi untuk membuat kita semangat, optimis, dan kerja keras. karena orang makmur sekalipun bukan berarti dia makmur begitu saja, tapi ada semangat yang membuat dia rajin bekerja, ada pikiran dan niat positiv untuk membangun tujuan hidup dia yang makmur, ada usaha dan target yang harus dia capai agar terwujud, ada doa kepada tuhan untuk memberi izin ke dia supaya jadi orang yang makmur. intinya the secret itu menghimbau bukan mendoktrin. menghimbau kita agar mempunyai hati yang bersih sebelum memulai sesuatu yang baik agar hasilnya pun baik. tuhan pun akan senang jika kita punya semangat hidup dan pikiran yang baik untuk menjalani kehidupan kita di dunia.

  16. falin said,

    Baca buku the secret, harus seperti memeras kelapa, ambil santannya, buang ampasnya. ambil yang berguna, buang yang tidak berguna. Yakini bahwa Tuhan sebagai Pencipta dan Penguasa tarik menarik semesta itu. Adalah powerfull berpikir positif itu, tetapi di atas semua itu Tuhan adalah penentu hasil. Jadi ketika kita berhasil, bukan karena kita hebat, tetapi karena Tuhan ijinkan itu berhasil. Gimana??????????

  17. Bibin said,

    Kristen itu adalah penyelamat dunia. siapa saja yang percaya pada yesus, ia akan di selamatkan. Kecurigaan bukanlah jiwa kristen. Jiwa kristen adalah cinta kasih. seluruh agama di atas bumi ini tidak ada yang mengajarkan umatnya untuk slalu mencurigai orang lain. kalau pun ada orang yang selalu curiga dengan agama orang lain adalah iblis. lihat aja cerita dari kisah penyebaranan agama di dunia. yang selalu menentang Yesus adalah iblis, setan dan manusia yang mengabdikan hidupnya pada iblis. kalau bukan anak setan atau mbah setan, pasti ia ingat akan ajarannya. Tobat saudaraku, jangan slalu curiga, karna kamu bisa melanggar hukum Tuhan.

  18. mariana said,

    the secret keren bgt….td nya ak iseng utk beli bukunya,setelah dibaca gue nemuin byk makna dlm buku ini….byk aura2 positif yg diberikan buku ini….poool………keren…

  19. fian bone said,

    he….he…he..

  20. halimatus said,

    ini buku wajib bwt aq dan anak2 ku nanti! bagi anda yang belum punya, wajib beli dan baca. jika anda beli dan baca, kemudian anda bilang ” ah buku ini gak membawa perubahan apa2 dalam hidup saya” saya berani beli kembali buku anda 2 kali lipat!

  21. jennie said,

    hi…slm kenal sebelumnya…saya sudah baca sebagian dari buku ini..tapi belum semuanya..hehe saya mau tau..apa ada yg uda mpraktekkan buku ini…?? is it work?? nampaknya saya membuat org yg saya cintai pegi dari saya… bisakah saya membuatnya kembali, dg mpraktekkan dari the secret ini… walaupun saat ini dia sudah bersama org lain..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: