Pijar Optimisme Tukang Sedot WC

16 Oktober, 2007 at 9:59 AM (Insight, Pijar Optimisme, Reflection) (, , )

Di depan pintu pagar rumah kontrakan saya tertempel banyak stiker iklan yang menawarkan jasa layanan sedot WC. Setting-layout stiker-stiker itu sangat sederhana. Satu di antaranya menarik perhatian saya:

“DINAS KEBERSIHAN
SEDOT & MAMPET WC, AIR LIMBAH & LUMPUR
AHLI: Bikin Sepiteng & Rembesan WC
Telp.: … HP: …”

Kalau WC Anda mampetSaya belum pernah menggunakan jasa mereka, sehingga saya pun tidak tahu siapa dan bagaimana layanan mereka. Apakah mereka itu dinas resmi atau partikulir, saya tidak tahu. Namun saya tertarik mencermati bunyi tulisan dalam stiker itu.

Rangkaian kata-katanya disusun tanpa peduli logika, ejaan dan tata bahasa yang baku. Kalau dibaca dengan serius memakai kacamata kritikus bahasa, tulisan stiker itu akan terdengar lucu! Selain terdapat kesalahan eja atas kata “septic-tank” menjadi “sepiteng“, juga terdapat kekacauan logika dalam frase-frasenya: “sedot” (kata kerja) disejajarkan dengan “mampet” (kata sifat). Logikanya, frase itu bisa disalahartikan dengan “setelah WC disedot, hasilnya WC mampet”?!

Saya jadi tersenyum. Habis, kalau konsumen memakai penafsiran dengan logika seperti itu, mana mau dia menghubungi nomor telepon yang tertera pada stiker itu?!
Namun anehnya, pesan advertisement tempel itu sampai ke sasaran: kalau WC saya mampet, saya dapat menghubungi nomor telepon itu untuk minta pertolongan!

Demi membaca stiker itu perasaan tergugah dan terharu saya malah lebih dominan daripada ngelantur memakai logika kacau tadi untuk semakin menertawakan si pembuat iklan itu! Saya terharu karena melihat kegigihan niat si pemilik nomor layanan sedot WC itu untuk memasarkan jasanya. Dia merangkai kata-kata iklan semampunya, memesan dan kemudian menyebarkan stiker itu sebanyak yang dia bisa. Saya tergugah karena hampir yakin seratus persen bahwa pemilik stiker iklan “murahan” itu adalah orang yang punya skill bukan dari bangku akademis tetapi lebih dari pengalaman keseharian bergelut dengan permasalahan WC. Ketrampilannya yang terasah dari WC satu ke WC yang lain telah mampu membuatnya yakin untuk hidup dari pekerjaan itu: ia mengembangkan intrepreneurship! Ketakpedulian saya akan logika kacau tadi adalah efek dari keyakinan pemasang iklan itu: ketrampilan praktis menafikan kata-kata iklannya sendiri, dan orang akan percaya pada hard-competency-nya ketimbang pada apa yang mampu dia rangkai secara verbal! Dan inilah benih kesuksesan yang telah tumbuh dalam diri tukang sedot WC itu.

Memang, kesuksesan adalah apa yang dipraktekkan, bukan apa yang dipikirkan dan dipertimbangkan saja!

Si pemilik iklan itu begitu yakin akan kemampuannya menyedot WC mampet, dan tidak memusingkan diri dengan kata-kata serta penampilan iklannya. Dan yang jelas: dia telah mampu membiayai pembuatan stiker dan penyebarannya untuk menjaga agar usahanya tetap bergulir.

Saya salut! Orang-orang seperti ini secara konkret ada di antara kita!

Bravo!
Kandar Ag.

8 Komentar

  1. Mihael "D.B." Ellinsworth said,

    Hebat, saya jadi ingin memakai jasanya.:mrgreen:

  2. ordinary said,

    Logikanya, frase itu bisa disalahartikan dengan “setelah WC disedot, hasilnya WC mampet”?!

    jadi pengen senyum-senyum ndiri🙂

    Lam kenal juga, thanks dah mampir

  3. chodirin said,

    agak lucu sih memang.. eh saya searching pake kata associatedcontent kok kesasar kesini…

  4. Kandar Ag. said,

    Met datang, Mas Chodirin!
    Lha itu saya punya beberapa artikel di AC.

  5. - said,

    JASA Sedot WC; Air Kotor; Saluran mampet;Rembesan & Bikin Septictank Silahkan Segera Hubungi : YULI No. Tlp. 021-98736434 & 021-70560098

  6. Joko Tyres said,

    Lihat aja jasanya dan atas hard skill konkretnya saja , soal copentensy verbal dan lain sebagainya urusan kedua, tiga dan seterusnya.

  7. Indojasa pratama said,

    Kami melayani sedot wc silahkan kunjungi sedot-wc.com

  8. irsan said,

    pemilik stiker dan pekerja itu beda!

    kebnyakan sihh habis sedot langsung mampet klu ada yang tersumbat,,hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: